certificate: Pengenalan Nuvoton Learning Board 32bit ARM Cortex sebagi Platform Pembelajaran Microcontroller dan Embedded System

Screenshot_192

Dalam seminar ini saya mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuna tentang chipset komputer dalam mesin. Pembahasaan mengenai ARM Cortex, Microcontroller, dan embedded system.

Dimulai dari ARM Cortex, apa itu ARM Cortex?

Arsitektur ARM merupakan arsitektur prosesor 32-bit RISC yang dikembangkan oleh ARM Limited. Dikenal sebagai Advanced RISC Machine dimana sebelumnya dikenal sebagai Acorn RISC Machine. Pada awalnya merupakan prosesor desktop yang sekarang didominasi oleh keluarga x86. Namun desain yang sederhana membuat prosesor ARM cocok untuk aplikasi berdaya rendah. Hal ini membuat prosesor ARM mendominasi pasar mobile electronic dan embedded system dimana membutuhkan daya dan harga yang rendah.

Disini saya mengetahui semakin tinggi tingkat versi Cortex semakin canggih chipset tersebut. contoh: ARM Cortex A9 lebih canggih ARM Cortex A5.

Apa itu Microcontroller?

Microcontroller adalah sesuatu komponen elektronika yang di dalamnya terdapat komponen-komponen yang sangat kecil yang dapat diisi progam sendiri (dengan bahasa pemograman assembly*) yang digunakan untuk mengendalikan sesuatu. Penggunaan microcontroller tidak lagi memerlukan komponen tambahan karena di dalamnya sudah terdapat RAM, ROM, CPU, dan input output.
Microcontroller memiliki beberapa bagian atau saluran yang terdapat di dalamnya. Bagian bagian microcontroller tersebut yaitu Input/ Output (I/ O), Central Processing Unit (CPU), Memory, Read Only Memory (ROM), dan Random Acces Memory (RAM).
Microcontroller terdapat didalam banyak hal mesin sederhana seperti traffic light, handphone, jam digital, line follower, dan robot-robot sederhana.

Lalu apa itu Embedded system?

        Embedded System adalah suatu sistem yang tertanam dalam suatu perangkat dan memiliki peran sebagai core dalam fungsionalitas dan perilakunya. Perannya adalah mengontrol dan menentukan perilaku. Namun, berbeda dengan Operating pada PC yang tergolong general purpose, Embedded System cenderung didesain untuk suatu perangkat tertentu dengan kemampuan yang spesifik.
         Embedded System (System Tertanam) adalah suatu sistem komputer yang didesain untuk menangani pekerjaan/ tujuan spesifik. Secara garis besar mirip dengan Operating System yang ada pada PC, Embedded System yang terdapat dalam suatu perangkat juga mengatur perilaku/fungsi dari Hardware tersebut. Namun, embedded system tidak bisa melakukan hal-hal yang umum seperti  main game, mengedit data, memutar file multimedia hingga simulasi. Embedded System hanya mampu melakukan suatu mekanisme untuk tujuan tertentu sesuai dengan kemampuan perangkat diman Embedded System itu terinstall.
Sumber:
ARM Cortex
Microcontroller
Embedded System

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s