[Softskill] Desain Permodelan Grafik : Filosofi Logo

Tugas 1

1.  Google (Nama Perusahaan).

Google

  • Logo baru Google menggunakan karakter huruf bernama Sans Serif yang mempertahankan urutan multi-warna yang berbeda.
  • Tanda dot atau titik-titik mempunyai makna sebagai dapat membantu dalam bentuk intraktif dan menuju transisi.
  • Google juga menghadirkan sebuah versi kompak dari logo Google yang bekerja dalam konteks kecil.
  • Google membuat tema logo dangan flat minimalis yang penuh warna.

Google terdiri dari 4 warna yaitu Biru, Merah, Kuning, dan Hijau serta terdiri dari 5 huruf yaitu G.O.O.G.L.E. Berikut adalah makna setiap warna Google:

  1. Biru : Memiliki arti berfokus pada koneksi jaringan internet, artinya Google selalu hanya berfokus pada jaringan internet, ia akan selalu ada dan dibutuhkan di dunia internet.
  2. Merah: Memiliki arti peran yang berfokus pada uang. Dalam sejarah pendirian Google, Google didirikan sebagai suatu perusahaan internet yang akan menghasilkan uang dari dunia maya.
  3. Kuning : Memiliki arti bahwa Google ingin berperan penting dalam dunia sosial internet dan ia terbuka untuk siapa saja.
  4. Hijau : Memiliki arti bahwa Google memiliki penampilan yang berbeda dengan perusahaan internet lain. Google ingin tampil yang beda.

Dari penjelasan tersebut memberikan pengertian bahwa Google adalah perusahaan internet terbesar dan juga terkaya yang selalu berperan penting dan selalu dibutuhkan dalam dunia sosial serta terbuka untuk siapa saja yang ingin dibantu olehnya. Hingga saat ini Google masih digunakan oleh semua orang didunia untuk membantu menyempurnakan aspek kehidupannya.

2.  Linux Fedora (Prefix).

Fedora_logo.svg

Nama Fedora berasal dari Fedora Linux, relawan proyek yang mengembangkan perangkat lunak tambahan untuk distro Red Hat Linux, dan dari karakteristik fedora (topi kulit) yang digunakan dalam logo Red Hat (“Shadowman”). Fedora Linux akhirnya diserap ke dalam Fedora Project. Fedora adalah merek dagang dari Red Hat, walaupun hal ini pernah disengketakan oleh para pencipta repositori perangkat lunak Fedora, namun masalahnya telah diselesaikan.

url

Fedora sendiri mengusung logonya dari lambang infinity yang berarti tidak terbatas, huruf f yang mengartikan freedom(kebebasan) dan pop-up chat yang mengartikan perkataan.

3.  Beats (Nama & Prefix).

Ammunition_Work_Beats_LogoTile-wpcf_1024x576

Logo Beats milik Andre Romelle a.k.a DRE ini memang terlihat sangat sederhana. Terlihat disana karakter ‘b’ sebagaimana kita tahu huruf tersebut adalah huruf awal dari produk ini yang tertutup oleh sebuah lingkaran. Lingkaran pada logo itu, bukan lingkaran biasa seperti yang kita pikirkan. Lingkaran itu sebenarnya menggambarkan sebuah kepala manusia, sedangkan karakter ‘b’ tersebut digambarkan sebuah headphones. Maka pada logo tersebut diilustrasikan seseorang sedang menggunakan headphones. Logo ini memiliki artian tersendiri, yaitu memungkinkan penggunanya melihat diri mereka sendiri dalam sebuah headphones.

4.  Android (Nama & Grafik).

android-logo

Android adalah sistem operasi Linux diprogram dikembangkan oleh Open Handset Alliance untuk perangkat mobile seperti smartphone dan komputer tablet. Google, menjadi pemilik dari Android pada tahun 2005. Dan menjadi salah satu platform smartphone terkemuka di dunia, sekitar 400 juta perangkat Android telah diaktifkan dan 1 juta aktivasi dibuat per hari pada pertengahan 2012.

Bentuk Logo Android:

Wordmark Android diciptakan bersama dengan Droid huruf keluarga oleh Chicago berbasis pabrik huruf Ascender Corporation, sedangkan ikon robot adalah ciptaan seorang desainer grafis berbasis di California bernama Irina Blok. Android robot adalah contoh utama dari logo main-main, namun terbuat dari bentuk yang cukup sederhana.

Warna Logo Android:

“Hijau” adalah warna Robot Android yang menggambarkan sistem operasi Android. Warna hijau berdiri untuk pertumbuhan, kesegaran dan kemakmuran.

Font Logo Android:

Android logo fitur jenis huruf khusus yang disebut Norad.

5.  Amazon.com (Tujuan Perusahaan).

amazon-logo

Amazon.com adalah toko online yang menjual buku, film, permainan, DVD, CD musik, perangkat lunak komputer, dan barang-barang lainnya. Hal ini terlihat jelas dalam logonya. Dalam logo amazon.com tanda panah di logo amazon.com mengatakan bahwa amazon.com memiliki segalanya dari A sampai Z (lihat arah panah dari huruf A ke Z). Selain itu tanda panah tersebut juga mengartikan senyuman yang diberikan kepada pelanggan.

Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos di Setle, Washington, Jerman Serikat pada tahun 1994. Nama awal dari perusahaan ini adalah “Cadabra.” Pada bulan Juli 1995, Jeff Bezos kemudian mengganti nama perusahaan ini dengan nama sungai paling deras di dunia, yaitu Amazon, dengan harapan dapat melakukan penjualan lewat web sederas air sungai amazon.

6.  CISCO (Implikasi Nama Perusahaan).

4817078_20121013023304

Cisco system itu sendiri merupakan perusahaan asal San Fransisco – USA yang didirikan pada tahun 1984. Cisco sendiri menjadi perusahaan terbesar di dunia yang mendesain, memproduksi, dan menjual peralatan jaringan (networking equipment). Logo garis biru merupakan sebuah  bentuk garis gelombang yang bisa disebut sinyal digital.

Tapi ada makna lain selain sinyal digital. Logo tersebut menyerupai Golden Gate Bridge yang terkenal di San Francisco. Dengan memilih desain ini, Cisco berhasil baik menyampaikan apa yang mereka lakukan dan di mana mereka berada.


Referensi:

http://mokokoma.co.za/the-meaning-behind-12-famous-logo-designs-you-will-see-today/

http://justcreative.com/2010/04/06/branding-identity-logo-design-explained/

http://www.funzug.com/index.php/informative-zone/famous-company-logos-and-their-meanings.html

http://androkeak.com/gambar-android-ini-dia-arti-sebenarnya-logo-android/

http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150902072959-185-76055/filosofi-logo-google-yang-baru/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s