[SoftSkill] Pengantar Teknologi Game : Contoh game berdasarkan Klasifikasi game

Contoh game berdasarkan klasifikasi game

  • BERDASARKAN JENIS “PLATFORM” :

Arcade games

yaitu game memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).

Contoh :

Pac Man

Pac Man merupakan game yang dirilis pertama kali di Jepang oleh Namco pada 22 Mei 1980. Lisensi diberikan kepada Midway untuk perilisan di Amerika Serikat, dan pada Oktober 1980 Pac Man merambah Amerika. Dalam game ini, pemain mengontrol Pac-Man untuk melalui labirin dan memakan semua pac-dots. Ketika semua pac-dots dimakan, pemain akan menuju level berikutnya. Empat musuh (Blinky, Pinky, Inky dan Clyde) berkeliaran labirin dan mencoba menangkap Pac-Man. Jika musuh menyentuh Pac-Man, kehidupan hilang dan Pac-Man akan mati. Ketika semua nyawa hilang, permainan berakhir.

Kelebihan :

Arcade game memiliki sensasi sendiri saat bermain dan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”.

Kekurangan :

Game pada arcade game memiliki keterbatasan hardware. dan memiliki mesin yang sangat besar.

 

 

PC Games

yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.

Contoh :

Call of Duty: Black Ops III

black-ops-3-beta1

Call of Duty: Black Ops III (disingkat Call of Duty: BO3 atau BO3) adalah permainan tembak-menembak orang pertama yang dikembangkan oleh Treyarch dan dipublikasikan oleh Activision. Sekuel langsung dari Call of Duty: Black Ops II, permainan ini adalah seri yang ke-4 dari Seri Black Ops dan yang ke-12 dari Seri Utama Call of Duty. Black Ops III akan dipublikasikan pada tanggal 6 November 2015.

Kelebihan :

PC Games memiliki kelebihan bisa meng-upgrade hardware.

PC Games juga banyak memiliki tingkatan game, dari game dengan speksifikasi rendah hingga spesifikasi tinggi.

Kekurangan :

mengikuti perkembangan jaman, game PC memiliki spesifikasi tinggi yang harus meng-upgrade PC untuk dapat menjalankan game tersebut.

Console games

yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.

Contoh :

Plants vs. Zombies: Garden Warfare 2

plantsvszombiesgw2_keyart.jpg

Plants vs. Zombies: Garden Warfare 2, Electronic Arts bersama PopCap Games secara resmi telah memperkenalkan game Plants vs. Zombies: Garden Warfare 2 di ajang E3. Game multiplayer shooter yang lucu ini akan tersedia pada awal 2016 mendatang untuk untuk PC, konsol game Sony PS4, dan Microsoft Xbox One. Tak hanya itu, EA dan PopCap Games telah merilis video gameplay dan screenshot game ini.

Seperti yang kita ketahui, Plants vs. Zombies series adalah game kasual yang banyak digemari oleh kalangan gamer maupun pengguna biasa. Game ini awalnya dikembangkan dan dirilis oleh PopCap Games yang kemudian diakuisisi oleh Electronic Arts. Sejak itu, game Plants vs. Zombies bertransformasi menjadi game third-person shooter yang dibalut dengan grafis yang menawan.

 

Kelebihan :

Game yang disediakan pasti dapat berjalan diconsole

Game juga lebih terlihat lebih realistis.

Kekuarangan :

Konsole yang digunakan memiliki keterbatasan waktu dan tidak bisa di upgrade.

Handheld games

yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.

Contoh :

Persona 4 : Dancing All Night

P4D-Theme-Song-Ann.jpg

 

Persona merupakan serial video games dengan format role-play yang dikembangkan oleh Altus. Nah, Persona memiliki beberapa cerita spin-off, salah satunya adalah Persona 4: Dancing All Night. Kisah dalam game ini berhubungan langsung dengan cerita utama Persona 4, yakni tentang Rise Kujikawa yang memutuskan untuk meniti karir sebagai seorang idol.

Kelebihan :

Mudah dimainkan dimana saja atau portable.

Kekurangan :

Grafik game yang disediakan tidak serealistis di PC atau Konsol.

 

 

Mobile games

yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.

Clash of Clans

Clash of Clans.png

adalah permainan video game strategi premium pada perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Supercell, Sebuah perusahaan video game yang berbasis di Helsinki, Finlandia.

Permainan ini dirilis untuk platform iOS pada 2 Agustus 2012.Untuk Android, peluncuran awal dilakukan di Kanada dan Finlandia pada 30 September 2013. Pada 7 Oktober 2013, permainan ini dirilis secara Internasional di Google Play.

Kelebihan :

Sangat portable, mudah didapatkan dan mudah digunakan.

Kekurangan :

tidak bisa diupgrade.

konten grafik yang disediakan juga terbatas.

 

  • BERDASARKAN JENIS GENRE :

First-Person Shooter (FPS)

Menekankan ke menembak dengan perspektif orang-pertama yang dikontrol oleh pemain. Perspektif ini bertujuan untuk memberikan pemain rasa seakan benar-benar berada disana, dan dapat membuat pemain fokus membidik sasaran.

contoh :

Counter Strike : Global Offensive

dyik7

Counter Strike: Global Offensive adalah permainan online dengan mode tembak-menembak orang pertama yang dikembangkan oleh Valve Corporation dan Hidden Path Entertainment.

Third-Person Shooter(TPS/3PS)

Menekankan ke menembak dari persperktif orang-ketiga atau karakter pemainnya dapat terlihat sepenuhnya. Persperktif ini memberikan pemain pandangan yang lebih luas akan lingkungan sekitar dari FPS.

Contoh :

Star Wars : Battlefront

ogimage-img

Role-Playing Games (RPG)

kebanyakan game jenis ini melibatkan masalah taktik, logika, dan eksplorasi atau penjelajahan. Dan juga kadang meliputi teka-teki dan masalah ekonomi karena pada  game  ini biasanya melibatkan pengumpulan barang-barang rampasan dan menjualnya untuk mendapatkan senjata yang lebih baik.

Contoh :

Final Fantasy XV

maxresdefault

Real Time Strategy (RTS)

game yang melibatkan masalah strategi, taktik, dan logika.

Contoh :

StarCraft II : Legacy of the Void

legacy-of-the-void

 

Arcade

Game Arcade adalah genre game komputer yang mengandalkan ketangkasan pemainnya dalam memegang kontrol.
Ciri-ciri game arcade adalah mempunyai level yang singkat, kontrol yang mudah, serta tingkat kesulitan yang bertambah dengan cepat.

Contoh :

Wrack it Ralph

Sports

yaitu ragam permainan video yang menuntut keterampilan pemain untuk melakukan pertandingan olahraga secara virtual.

Contoh :

FIFA 2016

Simulator

Video Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor.

Contoh :

World of Warship

Fighting

adalah ragam permainan dimana terjadi pertarungan satu lawan satu antara dua karakter, salah satunya dapat merupakan komputer.

Contoh :

Street Fighter V

Racing

Ragam permainan video yang menuntut keterampilan pemain untuk mengemudi dalam sebuah kompetisi balap-membalap.

Contoh :

Project CARS

Action

biasanya meliputi tantangan fisik, teka-teki (puzzle), balapan, dan beberapa konflik  lainnya. Dapat  juga meliputi masalah ekonomi sederhana, seperti mengumpulkan benda-benda.

Contoh :

Watchdogs

Advanture

mengutamakan masalah eksplorasi dan pemecahan teka-teki. Namun terkadang meliputi masalah konseptual, dan tantangan fisik namun sangat jarang.

Contoh :

Firewatch

Puzzle

ditujukan untuk memecahkan suatu masalah tertentu. Hampir semua  semua tantangan disini menyangkut masalah logika yang biasanya dibatasi oleh waktu.

Contoh :

Monument Valley


 

Source :

sulistyonugroho.wordpress.com

www.wadezig.com

sidomi.com

www.loop.co.id

imansaiki.blogspot.co.id

id.wikipedia.org

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s