Find your passion & choose your choice

Nama : Wirya Ramadhan
NPM : 59413343
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika

Belum lama ini sering terdengar kata “Startup” dalam dunia bisnis di Indonesia. Namun, apakah yang dimaksud dengan startup itu sendiri?. Startup adalah sebuah perusahaan yang baru saja di bangun atau dalam masa rintisan, namun tidak berlaku untuk semua bidang usaha, istilah startup ini lebih di kategorikan untuk perusahaan bidang teknologi dan informasi yang berkembang di dunia internet. Contohnya e-commerce dan aplikasi “ojek” online

Bagaimana membuat atau memulai startup?. Setiap orang memiliki spesifikasi masing-masing. Banyak metode dan strategi untuk memulai startup. Namun bila itu terlalu berat untuk memilih metode dan strategi, cobalah kenali diri sendiri baik secara cara pandang, kemampuan dan keinginan. Setelah itu mulailah mencari masalah untuk diselesaikan dan memilih metode apa yang pas untuk memulai.

Pada kesempatan ini saya mencoba untuk menuangkan keinginan saya berbisnis dalam bidang teknologi. Bisnis informatika yang saya maksud adalah bukan hanya untuk mendapatkan profit. tapi juga membantu dan mengemukakan inovasi-inovasi baru untuk dikembangkan lebih lanjut.

Saya ingin membuat sebuah startup IT Konsultan. Startup ini dibidang jasa konsultasi IT dan juga membuatnya. Dalam perusahaan ini saya menjual sebuah jasa konsultasi sistem, cara kerja sistem, pembuatan sistem, teknologi yang digunakan sistem dan membuat aplikasi dari sistem tersebut baik mobile maupun web. Setelah berkembang perusahaan yang saya akan bangun juga akan bekerjasama dengan perusahaan multi-national. Dengan mengangkat tim lokal untuk berkancah didunia international.

Lalu metode apa yang saya akan gunakan?

Dalam sebuah Seminar gDayX & DevFest Jakarta 2014 saya mendapatkan banyak pengalaman dari pendiri-pendiri startup terkemuka seperti CEO Kibar – Yansen Kamto, Launcher, UBER Technologies – Alan Jiang dan Developer Relation, Google – Erica Hanson. Yansen Kamto menjelaskan untuk menggunakan Moonshot Thinking untuk membuat sebuah Startup. Pada dasarnya Moonshot Thinking adalah pola pikir yang terdiri dari 3 aspek utama : berpikir dan mencari masalah yang besar, breakthrough technology atau gunakan teknologi sebagai alat pemecah masalah dan buat solusi yang radikal.

2945af10fb32ac68e7992bd0693948e6aa650

Moonshot thinking berpikir perubahan yang radikal bukan hanya inkremental saja. Perubahan radikal mengenai 10 kali lipat peningkatan bukan hanya 10% peningkatan. Perubahan yang radikal harus berani mengambil resiko dan bergerak cepat.

Saya berencana untuk menjadi salah salah programmer expert dibidang web dan mobile. kemudian bekerja disebuah startup untuk mengenali masalah-masalah yang ada dan sebagai batu loncatan untuk membuat bisnis. pada saat berjalan memulai bisnis informatika saya akan memperkerjakan kalangan muda yang profesional. Pada usia lanjut kemampuan diri itu akan kalah oleh kalangan muda yang profesional, (kutipan oleh Achmad Zaky – CEO BukaLapak). Dan memberikan kepercayaan untuk melanjutkan bisnis informatika tersebut.

Penutupan, “Jadilah pengusaha yang tidak sukses saat anda membangun startup, tapi jadilah pengusaha yang bermanfaat, yang mau memikirkan orang lain.” (Yansen Kamto – CEO Kibar).

 


SUMBER :

startupbisnis.com

id.techinasia.com

Jakarta – gDayX & DevFest Indonesia – Sites

medanreview.com

[PDF] ITB Berita

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s