Yansen Kamto – Founder Kibar

Nama : Wirya Ramadhan
NPM : 59413343
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika

Image from Detik.com
Image from Detik.com

 

Kibar Kreasi Indonesia adalah sebuah perusahaan kreatif milik Yansen Kamto. Kibar adalah perusahaan IT Konsultan dan dia juga Google’s Local Partner. Pada saat Google ada event di Indonesia, Kibar juga yang melaksanakan dan membuat strategi serta meimplementasikannya.

Dari mimpi, pria yang lahir di Pontianak hingga SMA di Kota Katulistiwa ini bisa menjalankan bisnis konsultan. Tak disangka KIBAR, perusahaan konsultan miliknya, sekarang bekerja sama dan mengerjakan beberapa proyek bersama Google.

Dia menuturkan bahwa memulai kantor dari foodcourt, dan sekarang KIBAR memiliki kantor sendiri  di Menteng dan punya 18 perusahaan. Pada awal KIBAR bediri, Yansen memiliki 4 pegawai. Dia menceritakan mimpi-mimpi KIBAR kepada pegawainya tersebut. “Siapa menyangka sekarang KIBAR sudah punya kantor sendiri, bahkan satu orang pegawai saya yang bertahan sudah bisa punya dua perusahaan sendiri,” ungkapnya.Kepada peserta GDG DevFest, Yansen berpesan agar tetaplah bermimpi. “Carilah kelebihan kita dan fokus disitu. Cari tim juga yang bisa kolaborasi dan bekerjasama,”.

Yansen Kamto, CEO Kibar memaparkan bahwa hal pertama yang perlu dipersiapkan saat ingin memulai startup yakni pola pikir atau mindset.

Ia mengungkapkan, “Yang pertama dan yang paling utama adalah mindset. Mereka yang ingin memulai membuat startup harus berpikir bahwa tujuan utama mereka adalah untuk menjadi solusi dalam menyelesaikan suatu masalah”.

Yansen mengungkapkan bahwa startup diciptakan bukan untuk menjadi kaya, uang itu tidak pernah menjadi tujuan namun hanya salah satu alat untuk mencapai tujuan.

Selanjutnya, semangat kolaborasi menjadi salah satu faktor penunjang dalam mendirikan sebuah startup. “Karena pasti semua orang hanya punya satu core-strength, jadi harus kolaborasi. Tapi, sebelum kolaborasi mereka harus mengidentifikasi kekuatan mereka di mana, untuk kemudian fokus di kekuatannya,” ungkapnya. Yang terakhir yaitu eksekusi, diperlukan kekuatan tekad agar tidak berputus asa dalam mengembangkan startup.

“Enggak ada yang sekali langsung berhasil, harus berpikir bahwa gagal adalah satu dari perjalanan. Tapi harus fail fast, fail forward, gagalnya dengan cepat, gagalnya harus ke depan, harus ada yang kita pelajari dari kegagalan,” tutup Yansen.

KIBAR juga membuka jalan untuk startup lokal menuju silicon valley, USA.


SUMBER :

www.techno.id

Tempo.co

pontianak.tribunnews.com

turbo2010.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s